24 Juni 2018

Detail Berita

Laba Bersih Bank Ganesha Naik 30%

2018-02-21 13:27:46

PT Bank Ganesha Tbk ("Bank Ganesha" atau "Bank") mengumumkan laba bersih setelah pajak (diaudit) sebesar Rp. 51,1 miliar untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2017, meningkat tajam 30% year-on-year (yoy) dari Rp. 39,2 miliar dalam periode yang sama tahun 2016. Laba bersih sebelum pajak mencapai Rp. 67,8 miliar.

Peningkatan laba bersih ini didukung oleh kapasitas pendapatan yang kuat dan disiplin untuk mengurangi dan merampingkan biaya operasional sambil terus berinvestasi dalam pengembangan infrastruktur dan kapabilitas perbankan.

Total pendapatan operasional naik 38% yoy menjadi Rp. 247,8 miliar, didorong oleh pertumbuhan baik pada Pendapatan Bunga Bersih dan Pendapatan Berbasis Biaya. Pendapatan Bunga Bersih meningkat 32% yoy menjadi Rp. 211,6 miliar dari Rp. 160,9 miliar setahun sebelumnya didukung oleh pertumbuhan kredit yang kuat. Pendapatan berbasis biaya juga naik tajam sebesar 91% yoy menjadi Rp. 36,2 miliar dari Rp. 18,9 miliar dalam tahun sebelumnya terutama didorong oleh kinerja yang baik dalam pendapatan biaya, komisi dan keuntungan dari efek-efek yang dimiliki.

Bank Ganesha menutup tahun 2017 dengan Rasio Kecukupan Modal (CAR) sebesar 30,1%, jauh di atas persyaratan minimum regulator dan tetap mampu mendukung pertumbuhan bisnis. Bank berhasil menyelesaikan Penawaran Umum Perdana ("IPO") pada semester pertama tahun 2016, sehingga dengan peningkatan kapitalisasi tersebut mampu mendorong Bank menjadi salah satu pemain terkemuka dalam kategori BUKU II dengan jumlah ekuitas sebesar Rp. 1,115 triliun per 31 Desember 2017.

Basis permodalan yang jauh lebih kuat memungkinkan Bank untuk mengembangkan portofolio kredit sebesar 20% yoy menjadi Rp. 2,903 triliun pada akhir Desember 2017 dari Rp. 2,426 triliun setahun sebelumnya, yang terdiversifikasi dengan baik dan disalurkan ke beragam sektor. Total aset mencapai Rp. 4,582 triliun, naik 8% yoy dari Rp. 4,236 triliun setahun sebelumnya.

Di sisi kewajiban, total pendanaan Bank juga meningkat secara substansial mencapai Rp. 3,381 triliun per akhir Desember 2017, atau meningkat 24% yoy, didukung oleh pertumbuhan yang kuat terutama pada produk Tabungan sebesar 121% yoy menjadi Rp. 463 miliar. Giro juga meningkat tajam sebesar 56% yoy menjadi Rp. 784 miliar sedangkan Deposito Berjangka naik hanya 6% yoy menjadi Rp. 2,134 triliun. Oleh karena itu, rasio CASA jauh membaik menjadi 36,9% pada akhir 2017 dibandingkan dengan 26,1% pada tahun sebelumnya.

Bank selalu menjunjung tinggi kepatuhan terhadap prinsip kehati-hatian perbankan dan terus mencatatkan perbaikan kualitas aset, didukung oleh pemulihan kredit bermasalah yang kuat selama periode tersebut. Non Performing Loan ("NPL") Gross membaik menjadi 0,81% pada akhir tahun 2017 dari 1,32% di tahun sebelumnya, sementara NPL net juga membaik menjadi 0,20?ri 0,80%.

Dengan terus berusaha melakukan investasi secara berkelanjutan, Bank Ganesha berhasil mencatatkan sejumlah tonggak pencapaian sepanjang tahun 2017, termasuk peluncuran berbagai produk dan layanan bekerjasama dengan berbagai mitra strategis terkemuka; membangun branding, modernisasi kanal (channel) dan peningkatan layanan pelanggan; inovasi berbasis teknologi, perbaikan terus menerus demi keunggulan operasional; penerapan praktik terbaik untuk Tata Kelola Perusahaan (GCG) dan Manajemen Risiko; organisasi yang lincah (agile) dan pengembangan SDM.

Beragam prestasi ini menjadikan Bank berhasil memenangkan berbagai penghargaan, baik di dalam maupun luar negeri, termasuk Website of the Year pada Asian Banking & Finance Retail Banking Awards 2017, Best Small Bank Indonesia dalam International Finance Awards 2017, Small Banking Company of the Year dalam International Business Awards (Stevie) 2017, Best Bank Governance dari CFI.co, Excellence in Innovation in Financial Industries dalam Asia Pacific Stevie Awards 2017, Outstanding Financial Performance dari Indonesia Best Banking Brand Award 2017, Predikat Sangat Baik dari Majalah InfoBank dan Bank Terbaik dalam kategori bank dengan aset Rp. 1-25 triliun dari Majalah Investor.

Selain itu, PT Pemeringkat Efek Indonesia ("Pefindo") memberikan Bank Ganesha peringkat korporasi 'idBBB +' dengan outlook stabil. Ini adalah pemeringkatan pertama yang dilakukan Pefindo terhadap Bank, yang hasil pemeringkatannya mencerminkan kapitalisasi Bank yang kuat, potensi pertumbuhan dari mitra strategis dan likuiditas yang memadai.

Mengomentari semua kinerja ini, Surjawaty Tatang, Presiden Direktur mengatakan, "Dengan senang hati saya menyampaikan bahwa 2017 merupakan tahun yang penuh prestasi luar biasa bagi Bank Ganesha, dimana hal ini juga dibantu oleh peningkatan sinergi dengan berbagai mitra strategis. Sepanjang tahun 2017, kami mempertahankan kinerja operasional yang solid dan neraca yang kuat didorong oleh momentum yang baik pada bisnis perbankan ritel dan komersial. Di samping itu, kami juga mencatatkan perbaikan dalam beragam rasio keuangan utama termasuk Kapitalisasi, Efisiensi Operasional, Marjin, Likuiditas, Kualitas Aktiva dan Struktur Pendanaan. Semua kinerja ini menggarisbawahi kekuatan dari model perbankan kami dan mencerminkan komitmen untuk terus memenuhi kebutuhan perbankan nasabah, mendukung perekonomian nasional dan menjadi 'bank terbaik di kelasnya, memberikan produk yang handal dan inovatif melalui layanan yang sangat baik'. Dalam tahun 2018, kami akan terus memperkuat strategi bisnis kami menuju customer centric dengan membangun hubungan berdasarkan pemahaman pelanggan secara mendalam. Kami berterima kasih kepada para pemangku kepentingan yang telah selama ini mendukung Bank terutama para nasabah atas kepercayaan mereka dan berharap dapat membangun masa depan yang lebih baik bersama-sama".