18 Oktober 2017

Whistleblowing

KEBIJAKAN WHISTLEBLOWING PT. BANK GANESHA, Tbk

Dalam rangka meningkatkan efektivitas penerapan Good Corporate Governance (GCG), manajemen PT.Bank Ganesha,Tbk berkomitmen menjalankan perusahaan secara profesional, guna mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik.

PT. Bank Ganesha,Tbk mewajibkan seluruh anggota Dewan Komisaris, Direksi, dan pegawai untuk bertindak secara jujur, memiliki integritas dan profesionalisme yang tinggi serta secara aktif melindungi dan menjaga asset

Bank maupun dana nasabah dengan mematuhi seluruh ketentuan internal dan eksternal.

Pelaporan pelanggaran/whistleblowing merupakan pengungkapan dugaan pelanggaran atau pengungkapan dugaan perbuatan yang melawan hukum, dugaan perbuatan tidak etis/tidak bermoral atau dugaan perbuatan lain yang dapat merugikan Bank, yang dilakukan oleh karyawan atau pimpinan Bank, sehingga dapat diambil tindakan atas dugaan pelanggaran tersebut. Pengungkapan tersebut dilakukan secara rahasia (confidential).

Pelaporan disampaikan sesegera mungkin setelah Pelapor/Whistle Blower meyakini kebenaran terjadinya pelanggaran yang diketahui dan disampaikan tidak lebih dari 3 (tiga) bulan setelah pelanggaran diketahui dan diyakini serta didukung dengan bukti yang kuat.

Sarana Penyampaian Pelaporan

Laporan tertulis dapat dilakukan melalui email dan atau mengirimkan Surat serta didukung dengan dokumentasi yang kuat dan bukan merupakan fitnah atau rekayasa. Setiap laporan harus mencantumkan data indentitas yang jelas dan dilakukan secara ”Private & confidential”.

Pejabat penerima laporan pelanggaran

  1. Pelanggaran yang melibatkan karyawan, maka laporan dapat ditujukan kepada Kepala Divisi Audit Intern dengan tembusan Presiden Direktur.
  2. Pelanggaran yang melibatkan anggota direksi atau pejabat eksekutif, maka laporan dapat ditujukan kepada Presiden Direktur dengan tembusan kepada Kepala Divisi Audit Intern.
  3. Pelanggaran yang melibatkan anggota Direksi, maka laporan dapat ditujukan kepada Presiden Komisaris dengan tembusan kepada Kepala Divisi Audit Intern.

Pelapor dapat menyampaikan laporan pelanggaran untuk butir 1 dan 2 diatas melalui wb_dir@bankganesha.co.id

Pelapor dapat menyampaikan laporan pelanggaran untuk butir 3 diatas melalui wb_kom@bankganesha.co.id

Perlindungan terhadap Pelapor

Bank berkomitmen untuk melindungi pelapor yang beritikad baik, dengan memberikan perlindungan kerahasiaan identitas pelapor. Bank sangat berterima kasih apabila laporan yang disampaikan tidak berupa informasi yang berdasarkan rumor, fitnah dan dengan itikad yang tidak baik.

Melalui penerapan kebijakan whistleblowing sebagaimana dijelaskan di atas, PT.Bank Ganesha,Tbk berkomitmen dalam melakukan pencegahan fraud dan segera menindaklanjuti kejadian fraud.

Chat With Us
Selamat Datang