18 Februari 2018

Detail Berita

Paparan Publik Bank Ganesha Catat Kenaikan Laba Bersih Naik 42%

2017-12-19 09:45:23

PT Bank Ganesha Tbk ("Bank Ganesha" atau “Bank”) pada tanggal 14 Desember 2017 menyelenggarakan paparan publik (public expose) dengan tema Ready for Digital Era, untuk menyampaikan pencapaian operasional dan kinerja keuangan dalam periode sembilan bulan yang berakhir pada tanggal 30 September 2017 ("9M17").

Dalam paparan oleh Direksi dan manajemen, laba bersih setelah pajak (tidak diaudit) tercatat sebesar Rp. 42,0 miliar dalam meningkat 42% year-on-year (YoY) dari Rp. 29,6 miliar dalam periode yang sama pada 2016.

Peningkatan laba bersih didukung oleh kapasitas pendapatan yang kuat dan disiplin untuk mengurangi dan merampingkan biaya operasional sembari terus berinvestasi dalam pengembangan infrastruktur dan kapabilitas perbankan.

Total pendapatan operasional naik 53% yoy menjadi Rp. 186,9 miliar yang didorong oleh pertumbuhan yang kuat pada Pendapatan Bunga Bersih dan Pendapatan Operasional Lainnya. Pendapatan Bunga Bersih naik 44% yoy menjadi Rp. 156,9 miliar dari Rp. 109,0 miliar setahun sebelumnya, didukung oleh pertumbuhan kredit yang signifikan. Pendapatan Operasional Lainnya naik 126% yoy menjadi Rp. 30,0 miliar dari Rp. 13,3 miliar setahun sebelumnya terutama didorong oleh kinerja yang baik dalam pendapatan biaya, komisi dan keuntungan dari efek-efek yang dimiliki.

Bank Ganesha mencatat Rasio Kecukupan Modal (CAR) sebesar 33,8% pada periode 9M17, jauh di atas persyaratan regulator dan tetap mendukung pertumbuhan bisnis. Bank menyelesaikan proses Penawaran Umum Perdana Saham ("IPO") pada semester pertama 2016, dimana perbaikan permodalan ini mendorong Bank Ganesha masuk menjadi salah satu bank terkemuka dalam kategori BUKU II dengan total ekuitas sebesar Rp. 1,11 triliun per 30 September 2017.

Permodalan yang jauh lebih kuat memungkinkan Bank untuk mengembangkan portofolio kreditnya sebesar 21% yoy menjadi Rp. 2,624 triliun pada akhir September 2017 dari Rp. 2,176 triliun setahun sebelumnya, yang terdiversifikasi dengan baik dan disalurkan ke berbagai sektor. Total aset mencapai Rp. 4,615 triliun, naik 16% yoy dari Rp. 3,968 triliun di tahun sebelumnya.

Pada sisi kewajiban, total Dana Pihak Ketiga juga naik pesat mencapai Rp. 3,366 triliun pada akhir September 2017, atau naik 26% yoy, didukung oleh pertumbuhan yang kuat terutama pada deposito sebesar 62% yoy menjadi Rp. 2,466 triliun.

Bank selalu menjunjung tinggi kepatuhan terhadap prinsip kehati-hatian perbankan dan terus mencatatkan peningkatan kualitas aset, didukung oleh pemulihan kredit bermasalah yang kuat selama periode tersebut. Non Performing Loan ("NPL") Gross membaik menjadi 0,97% pada 9M17 dari 1,25% di tahun sebelumnya, sementara NPL Net juga membaik menjadi 0.54 persen dari 0.95 persen.

Bank Ganesha Public Expose 2017

Bank baru-baru ini membuka kantor cabang terbarunya di kota Medan, provinsi Sumatera Utara, pada 24 Oktober 2017. Inisiatif ini merupakan salah satu tonggak pencapaian dimana Bank melakukan optimalisasi jaringan kantor demi memberikan pelayanan yang lebih baik kepada nasabah. Bank juga berencana untuk meluncurkan layanan online banking yang memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan transaksi perbankan kapanpun dimana saja.

Sebagaimana kita ketahui tantangan perbankan dalam era digital adalah bank harus mampu untuk selalu berada dekat nasabah dalam melayani keseharian kebutuhan transaksi mereka. Layanan Online Banking yang dapat diakses melalui Mobile dan Laptop/PC adalah salah satu jawabannnya. Menjawab kebutuhan ini, Bank Ganesha menyediakan kemudahan nasabah dalam keseharian mereka melalui Layanan Online Banking Bank Ganesha melalui internet atau konektivitas operator telekomunikasi.

Mengomentari layanan baru ini, Surjawaty Tatang, Presiden Direktur Bank Ganesha mengatakan “Mobile banking dan Internet Banking untuk nasabah individu akan kami luncurkan dalam satu kesatuan layanan (seamless) sehingga prinsip online banking Bank Ganesha dapat dilakukan oleh nasabah di berbagai online device berbasis Android/iOS dan Laptop/PC. Di samping itu, kami juga mempersiapkan layanan online banking tidak hanya untuk nasabah perorangan tapi juga untuk nasabah perusahaan (online banking for business) sehingga memudahkan perusahaan melakukan transaksi keuangan melalui Bank Ganesha."

Selama periode, Bank Ganesha terus menerima berbagai penghargaan dan pengakuan yang mencerminkan kesuksesan perjalanan transformasinya dan komitmen yang teguh untuk terus memenuhi kebutuhan perbankan nasabah. Bank baru-baru ini memenangkan tiga penghargaan sekaligus dalam program bergengsi International Business Awards 2017 untuk CEO Surjawaty Tatang sebagai Woman of the Year (Silver Stevie), Bank Ganesha sebagai Small Banking Company of the Year (Silver Stevie) dan situs korporasi Bank sebagai Banking Website of the Year (Bronze Stevie).

Selain itu, PT Pemeringkat Efek Indonesia ("Pefindo") memberikan Bank Ganesha peringkat korporasi 'idBBB +' dengan outlook stabil. Ini adalah pemeringkatan pertama yang dilakukan Pefindo terhadap Bank, yang hasil pemeringkatannya mencerminkan kapitalisasi Bank yang kuat, potensi pertumbuhan dari captive market dan likuiditas yang memadai.

Chat With Us
Selamat Datang