25 September 2017

Detail Berita

Bank Ganesha Raih Infobank Award

2017-08-16 17:39:05

Satu lagi penghargaan bergengsi berhasil diraih Bank Ganesha.  Dalam ajang “22th Infobank Award 2017” yang digelar di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Kamis, 10 Agustus 2017, Bank Ganesha berhasil meraih predikat ‘SANGAT BAGUS’ atas Kinerja Keuangan Selama Tahun 2016’ untuk kategori Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) Dua. Penghargaan tersebut diserahkan Wakil Pemimpin Redaksi Majalah Infobank, Kartono Muhammad, kepada Direktur Bank Ganesha, Setiawan Kumala. Ajang penghargaan ini menghadirkan Fauzi Ichsan, Anggota Dewan Komisioner sekaligus Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sebagai keynote speakers.

Setiap tahun sejak 1996, Biro Riset Infobank melakukan penilaian kinerja atau rating bank yang mencakup peringkat profil ManajemenRisiko, Peringkat Nilai Komposit GCG, Permodalan, Kualitas Aset, Rentabilitas, Likuiditas, dan Efisiensi. Program penghargaan kali inimerupakan yang ke-22 kalinya digelar oleh Majalah Infobank.

Rating Sangat Bagus dari Majalah Infobank ini merupakan peningkatan dibanding rating sebelumnya dan merupakan rating Sangat Bagus yang pertama kalinya dalam sejarah Bank Ganesha sejak berdiri 25 tahun silam, yang mencerminkan apresiasi dari Info Bank atas kesuksesan perjalanan transformasi Bank Ganesha dalam meningkatkan nilai tambah Perseroan untuk seluruh pemangku kepentingan. Keberhasilan Perusahaan meraih penghargaan ini juga merupakan bukti keberhasilan strategi Bank Ganesha dalam memanfaatkan keunggulan kompetitifnya termasuk mendayagunakan sinergi atas inisiatif bisnis Perseroan.

Seperti halnya di tahun 2016, Bank Ganesha masih mempertahankan kinerja keuangan yang sangat baik sepanjang tahun ini. Pada semester pertama tahun ini, Perusahaan telah membukukan kenaikan laba bersih setelah pajak (tidak diaudit) sebanyak 58% year-on-year (YoY) menjadi Rp 25,7 miliar dari yang sebelumnya Rp 16,3 miliar pada periode yang sama tahun lalu. Total pendapatan operasional naik 67% yoy menjadi Rp 115,7 miliar. Pendapatan Bunga Bersih tumbuh 70% yoy menjadi Rp 103,0 miliar dari Rp 65,0 miliar setahun sebelumnya. Adapun Pendapatan Berbasis Biaya naik 47% yoy menjadi Rp 12,6 miliar dari yang sebelumnya Rp 8,6 miliar. Struktur permodalan Perseroan yang kuat tercermin dari Rasio Kecukupan Modal (CAR) yang mencapai 32,1%.

Permodalan yang kuat memungkinkan Bank untuk mengembangkan portofolio kreditnya sebesar 40% yoy menjadi Rp 2,566 triliun pada akhir Juni 2017 dariRp 1,837 triliun setahun lalu. Total aset mencapai Rp 4,336 triliun, naik 37% yoy dari Rp 3,157 triliun. Pada sisi kewajiban, total Dana Pihak Ketiga juga naik pesat mencapai Rp 3,142 triliun pada akhir Juni 2017, atau naik 52% yoy, didukung oleh pertumbuhan yang kuat terutama pada deposito sebesar 66% yoy menjadi Rp 2,078 triliun. Likuiditas tetap sehat dimana Bank mempertahankan Loan to Deposit Ratio (LDR) yang stabil di level 88%. Adapun Non-Performing Loan (NPL) Gross berada di 1,35%, sementara NPL Net tercatat di 0,82%.

PadaJunilalu, Perusahaan juga membuktikaneksistensinyadenganmeraihtitelsebagai ‘Bank Terbaik2017 untuk kategori Bank Umum Aset > Rp 1 Triliun – Rp 25 Triliun versi Majalah Investor. Penghargaan yang diterima Perseroan tak hanya datang dari dalam negeri. Sebelumnya, Bank Ganesha menerima penghargaan bertaraf internasional sebagai ‘Website of the Year in Indonesia’ dari program Asian Banking & Finance Retail Banking Awards 2017 di Singapura dan Gold Award untuk kategori ‘Excellence in Innovation in Financial Industries’ dalam program Asia Pacific Stevie Award 2017 di Jepang. Baru-baruini, Perseroan juga meraih tiga penghargaan sekaligus dalam International Business Award 2017, termasuk Silver Award untuk Presiden Direktur Surjawaty Tatang dalam kategori Woman of the Year, Silver Award untuk kategori Small Bank of the Year dan Bronze Award untuk kategori Best Banking Website of the Year.

Sepanjang semester kedua 2017 ini, Perusahaan akan terus menerapkan strategi berdasarkan 2020 Strategy Pillars and formulation dengan berfokus pada kekuatan dan peluang kompetitif Bank. Perusahaan tetap berkomitmen untuk memenuhi visi menjadi ‘Bank Terbaik di Kelasnya dengan Menyediakan Produk yang Handal dan Inovatif Melalui Pelayanan Prima’. Dengan menerapkan hal itu sebaik-baiknya, Perusahaan akan memberikan nilai terbaik bagi nasabah dan semua pemangku kepentingan lainnya.

Salam Bangga,

Surjawaty Tatang

PresidenDirektur

Chat With Us
Selamat Datang