24 Juni 2018

Pesan dari Presiden Direktur

Para Pemangku Kepentingan yang terhormat,

Merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa untuk Bank Ganesha dapat merayakan ulang tahun-nya yang ke 26 melalui berbagai tonggak pencapaian penting lainnya di bawah masa jabatan saya sebagai Presiden Direktur.

Dalam suasana ulang tahun ke-26 ini yang menggembirakan, seiring dengan masa depan industri perbankan yang lebih cerah, kami ingin sampaikan bahwa  produk dan layanan perbankan yang inovatif terus bertumbuh sejalan dengan langkah Bank Ganesha untuk berada di garis depan dalam klasifikasi BUKU2, serta memberikan pelayanan terbaik kami kepada nasabah kami yang setia. 

Seperti kata pepatah, "satu-satunya yang konstan adalah perubahan". Selama 25 tahun terakhir, kami telah melihat dan melalui banyak gejolak dan tantangan ekonomi makro. Tidak diragukan lagi bahwa secara operasional usaha kami, termasuk produk dan layanan perbankan, pastinya diharapkan untuk berevolusi secara cepat dan terus menerus pada tahun-tahun mendatang, tetapi filosofi utama kami untuk menempatkan nasabah di hati kami, dalam semua yang kami lakukan akan tetap dan tidak akan berubah.

Pendorong utama untuk secara cepat dan terus menerus berevolusi secara inovatif adalah karena adanya tantangan inovasi di berbagai bidang termasuk di dalamnya perbankan, yang kami rasakan dalam kurun waktu sekarang ini dan di tahun-tahun mendatang. Hal ini berkaitan erat dengan perubahan demografi dan perilaku nasabah, munculnya banyak terobosan teknologi baru dengan model bisnis baru, peningkatan pengalaman dan harapan pelanggan dalam beraktifitas, peningkatan otomatisasi, pemanfaatan big data dan sebagainya. Dengan tantangan inovasi ini, maka proses usaha secara tradisional tentunya akan mengalami perubahan secara mendasar.

Merupakan hal yang wajar jika kita tidak dapat secara akurat memprediksikan masa depan dunia dalam tiga, lima atau sepuluh tahun mendatang. Itulah sebabnya penting untuk kami meletakkan fondasi strategi yang kuat untuk dapat membantu mempertahankan pertumbuhan dalam kondisi yang tidak pasti. Guna mengantisipasi meningkatnya persaingan dan terobosan teknologi baru di masa depan, Bank telah merumuskan rencana jangka panjangnya.

Pada tahun 2016, kami telah merumuskan Pilar Strategis dan Formulasi sebagai bagian yang mendukung visi manajemen kami ditahun 2020. Strategi ini disusun dengan memanfaatkan posisi kekuatan kami yang unik dan ambisi bersama yang positif dengan penuh kedisiplinan; yang semuanya kami lakukan untuk memberikan yang terbaik bagi nasabah dan pemangku kepentingan kami. Fokus kami dalam melaksanakan strategi yang telah kami rumuskan secara konsisten dan dengan kedisiplinan tinggi.

Memasuki tahun ketiga sejak kami pertama kali merumuskan strategi ini, saya dengan senang hati menginformasikan bahwa Pilar Strategis dan Formulasi kami, berjalan baik dan berhasil. Melihat ke belakang, tahun 2017 tentu saja merupakan tahun yang sangat menarik dan penuh insiatif, banyaknya pencapaian-pencapaian luar biasa yang tentu saja sesuai dengan tema pada saat itu, yaitu Leveraging Synergy Within the Group. Beberapa tonggak utama di dalam Pilar Strategis dan Formulasi tahun 2020 adalah optimisasi peningkatan nasabah, produk dan layanan baru, kemitraan strategis, inisiatif pengembangan sumber daya manusia, peremajaan brand & channel, perbaikan proses yang mengutamakan pemanfaatan teknologi dan pengakuan atau penghargaan baik dari badan penyelenggara independent lokal maupun internasional.

Pada pengembangan brand dan channel, kami terus mengoptimalkan jaringan kantor kami melalui ekspansi dan renovasi yang selektif. Kami juga mengubah situs web kami dan menjadi agresif pada pemasaran digital di platform media sosial.

Inisiatif kami untuk perbaikan proses operasional yang berkelanjutan juga membuahkan hasil. Selama tahun lalu, kami menjalankan secara intensif disiplin manajemen biaya dan peningkatan produktivitas melalui program 'Outsource, Improve, Reduce' yang sejalan dengan inisiatif Green Banking untuk sebagian besar aspek operasional. Kami juga terus mengejar sertifikasi pihak ketiga untuk memastikan bahwa organisasi kami memenuhi persyaratan manajemen mutu sesuai sistem standar ISO 9001.

Sepanjang tahun 2017, kami lebih produktif dalam meluncurkan produk dan layanan baru untuk menyesuaikan status kami sebagai bank BUKU2. Beberapa produk dan layanan baru kami adalah: Tabungan Ganesha MAPCLUB (bekerja sama dengan Mitra Adi Perkasa), kartu kredit co-branded (dalam kemitraan dengan CIMB Niaga), dan Bancassurance (dalam kemitraan dengan Equity Life Indonesia). Perusahaan-perusahaan terkemuka ini sangat menyadari kekuatan dan kemampuan kami, dan dengan memberikan kepercayaan kepada kami, kami telah mampu menjalin kemitraan bisnis yang lebih erat dengan mereka.

Di sisi sumber daya manusia, kami juga telah berhasil meluncurkan inisiatif utama pada pengembangan karyawan dan administrasi SDM yang mencerminkan keyakinan kami bahwa kami tidak dapat mencapai tujuan kami atau memenuhi kebutuhan klien kami tanpa karyawan-karyawan yang luar biasa di Bank Ganesha. Sebagai bukti dari keyakinan ini, tahun lalu kami memperkenalkan pelatihan HIPO untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan, Proposisi Nilai Karyawan G-EXCEL dan secara aktif berpartisipasi dalam pameran lowongan kerja, kunjungan kampus, serta mengangkat profil kami melalui LinkedIn untuk menarik bakat yang berkualitas tinggi. Tahun ini, kami juga memperkenalkan Sistem Informasi SDM yang dapat membantu kami dalam hal pengukuran produktivitas, e-Learning dan tugas-tugas administratif.

Dalam industri bisnis kami, kepercayaan merupakan kunci utama.klien kami membeli produk keuangan berdasarkan nilai dan kualitas individu dari masing-masing karyawan kami. Dengan menempatkan nasabah di hati dari semua yang kami lakukan dan selalu menatap ke depan, serta membuat masa depan yang senantiasa lebih baik, kami tidak pernah takut akan perubahan ataupun mengambil tantangan baru.

Sebagaimana telah saya sebutkan di atas, Bank menyampaikan kinerja keuangan yang baik pada tahun 2017. Secara total aset, laba operasional, kualitas aset dan sejumlah langkah lainnya, ini adalah tahun yang sangat baik bagi Bank Ganesha. Berdasarkan kinerja keuangan FY17, kinerja pertumbuhan kami lebih baik daripada rata-rata industri dalam banyak hal selama dua tahun periode (2015-2017):

  • Laba Bersih setelah Pajak tumbuh sebesar 208% Compound Annual Growth Rate (“CAGR”) menjadi Rp. 51 miliar,didorong oleh pendapatan yang kuat, manajemen biaya yang disiplin dan peningkatan kualitas aset.
  • Total pendapatan operasional naik 48% CAGR menjadi Rp. 248 miliar, di dukung oleh pertumbuhan yang kuat dalam Pendapatan Bunga Bersih dan fee based income.
  • Total asset tumbuh 52% CAGR menjadi Rp. 4,58 triliun, yang didukung oleh pertumbuhan kredit yang kuat sebesar 52% CAGR menjadi Rp. 2,90 triliun, serta basis modal yang jauh lebih kuat setelah IPO.
  • Basis pendanaan naik 43% CAGR menjadi Rp. 3,38 triliun. Dana murah (CASA) tumbuh 50% CAGR menjadi Rp. 1,25 triliun,sehingga meningkatkan rasio CASA kami menjadi 37%.
  • Didukung oleh pemulihan kredit bermasalah yang kuat, rasio NPL gross dan net yang turun menjadi 0,81% dan 0,20% pada akhir tahun 2017 dari dua tahun sebelumnya yang tercatat masing-masing 3,14% dan 1,80%.
  • CAR mencapai 30,1% pada akhir 2017, jauh di atas persyaratan peraturan dan tetap mendukung pertumbuhan bisnis.

Saat ini kami telah mulai melihat hasil yang bagus dan adanya potensi untuk terus meningkat, tetapi kami juga menyadari, melihat ke depan hingga tahun 2020 dan seterusnya, kami masih memiliki banyak langkah-langkah strategis dan inisiatif yang harus dilakukan. Pada tahun 2018, kami akan semakin memperkuat Pilar Strategis dan Formulasi tahun 2020 ini menuju customer centricity dengan membangun hubungan berdasarkan pemahaman pelanggan yanglebih mendalam. Untuk lebih memperdalam hubungan dengan pelanggan kami, dengan bangga saya menginformasikan bahwa kami telah meluncurkan platform Internet Banking dan Mobile Banking, baik untuk pelanggan individu maupun korporasi dengan mengangkat proposisi 'BANGGA'.

Dengan memanfaatkan kekuatan dan melakukan transformasi di internal kami, kami akan terus mengambil tantangan dan kesempatan baru untuk mencari pertumbuhan. Kami menyadari bahwa beberapa inisiatif mungkin tidak mengarah pada hasil secara langsung dalam jangka pendek, tetapi kami tetap berkomitmen untuk memastikan kontribusi yang nyata untuk kesuksesan kami dalam jangka panjang. Bank Ganesha memiliki posisi yang baik, dengan harapan untuk terus berkembang dan untuk mencapai kesuksesan lebih lanjut.

Kepada semua karyawan, nasabah, regulator, dan pemangku kepentingan kami - Saya berterima kasih atas komitmen Anda yang berkelanjutan kepada Bank Ganesha. Kami berharap dapat berbagi perayaan HUT ke-26 kami dengan Anda sepanjang tahun ini. Kami di Bank Ganesha akan terus melanjutkan, memelihara, dan meningkatkan kualitas produk dengan tingkat layanan yang sangat baik untuk memperkuat hubungan kami dengan Anda semua.