19 April 2018

Pesan dari Presiden Direktur

Kepada Pemangku kepentingan yang terhormat,

Dengan gembira saya melaporkan bahwa Bank Ganesha sekali lagi melaporkan kinerja tahunan yang kuat. Dengan latar belakang industri yang penuh tantangan, 2017 ini merupakan tahun yang sukses bagi Bank. Saya bangga dengan prestasi kami selama masa jabatan saya di sini dan saya sangat menghargai semua dukungan Anda untuk kesuksesan kita bersama.

2017 benar-benar merupakan tahun untuk mendayagunakan sinergi, dengan memperdalam hubungan kami dengan berbagai mitra strategis yang sudah ada dan baru. Untuk menegaskan status kami sebagai bank BUKU II terkemuka, tahun lalu kami meluncurkan beragam produk dan layanan baru termasuk Tabungan Ganesha MAPCLUB (bermitra dengan Mitra Adi Perkasa), kartu kredit Co-branded Affinity (dengan CIMB Niaga) dan Bancassurance (dengan Equity Life Indonesia) sebagai beberapa contoh.

Kami memiliki strategi yang jelas dan terfokus, yang kami rumuskan pada tahun 2016, dimana kami terus melaksanakannya dengan teguh. Sepanjang tahun lalu, kami terus fokus untuk menjalankan 2020 Strategy Pillars and Formulation dengan berusaha meningkatkan bisnis dan memperkuat kapabilitas organisasi serta TI dengan cara-cara inovatif untuk mencapai cita-cita kami menjadi 'Everyday Bank di tahun 2020'. Strategi ini mendayagunakan posisi unik dan ambisi kolektif kami untuk melayani pelanggan dengan lebih baik. Fokus kami dalam menjalankan strategi ini secara konsisten dan disiplin terus berjalan.

Salah satu aspek utama dari ini adalah fokus tiada henti kami untuk memperbaiki citra Brand Bank Ganesha. Dalam dunia yang diwarnai dinamis dan volatilitas saat ini, kami percaya bahwa kredibilitas brand yang kuat menjadi semakin penting. Dengan banyaknya perusahaan yang bersaing untuk mendapatkan bisnis pelanggan, kemampuan untuk menggandeng pelanggan dan meningkatkan pengalaman perbankan mereka dengan pendekatan yang meningkatkan kepercayaan menjadi sangat penting dan dapat menjadi pembeda kunci kesuksesan Bank.

Berdasarkan keyakinan sepenuhnya ini, kami meluncurkan beragam inisiatif, termasuk revitalisasi branding pada semua produk dan layanan, kantor cabang dan materi pemasaran; optimalisasi jaringan, peluncuran kembali situs web perusahaan dan memulai pemasaran digital. Untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, kami terus berusaha meningkatkan budaya pelayanan terutama bagi para front liner dan meluncurkan Customer Care Center 24 jam yang baru di 1500-169 serta kapabilitas live chat di situs web kami. Kami juga sangat gembira menyampaikan bahwa Bank Ganesha akan segera meluncurkan platform Internet Banking dan Mobile Banking yang akan sangat membantu nasabah individual dan korporasi kami dalam melakukan transaksi keuangan, kapanpun dan dimana saja.

Pondasi utama yang memungkinkan semua pencapaian ini adalah tim kami yang penuh dedikasi, fleksibel dan lincah (agile) yang membawa energi dan gagasan besar untuk menjawab tantangan setiap hari. Kami percaya bahwa semangat ini telah banyak berkontribusi pada kemampuan Bank Ganesha untuk berhasil mencatatkan kinerja yang kuat dan bahkan dapat memecahkan rekor dari tahun ke tahun - yang dimungkinkan karena kami terus memberikan solusi dan nilai tambah secara konsisten kepada para pemangku kepentingan kami.

Bank Ganesha mencatatkan kinerja keuangan yang kuat pada tahun 2017. Berdasarkan total aset, laba operasional, kualitas aset dan sejumlah rasio lainnya, 2017 merupakan tahun yang sangat baik bagi Bank Ganesha. Seperti yang ditunjukkan oleh angka-angka finansial  2017, kinerja pertumbuhan Bank lebih baik daripada rata-rata industri dalam berbagai metrik utama selama periode dua tahun terakhir (2015-2017):

  • Laba Bersih setelah Pajak tumbuh sebesar 208% Compound Annual Growth Rate ("CAGR") menjadi Rp 51 miliar didorong oleh pendapatan yang kuat, disiplin manajemen biaya dan perbaikan kualitas aset.
  • Total pendapatan operasional naik sebesar 48% CAGR menjadi Rp 248 miliar seiring dengan pertumbuhan pendapatan bunga bersih dan pendapatan berbasis biaya.
  • Aset naik 52% CAGR menjadi Rp 4,58 triliun didukung oleh pertumbuhan kredit yang kuat sebesar 52% CAGR menjadi Rp 2,90 triliun, yang dimungkinkan karena permodalan yang jauh lebih kuat setelah IPO.
  • Basis pendanaan beragam dan naik 43% CAGR menjadi Rp 3,38 triliun. Dana murah (Rekening Giro dan Tabungan) tumbuh 50% CAGR menjadi Rp 1,25 triliun sehingga meningkatkan rasio CASA kami menjadi 37%.
  • Ditopang oleh pemulihan kredit bermasalah yang kuat, rasio NPL Gross dan Net membaik menjadi 0,81% dan 0,20% pada akhir tahun 2017 dari 3,14% dan 1,80%, yang tercatat dua tahun sebelumnya.
  • Rasio Kecukupan Modal (Capital Adequacy Ratio) mencapai 30,1% pada akhir 2017, jauh di atas persyaratan regulator dan tetap mampu mendukung pertumbuhan bisnis.

Periode dua tahun terakhir telah menunjukkan bahwa strategi kami berhasil. Kami lebih percaya diri dari sebelumnya bahwa kami memilih jalan yang benar dan memiliki SDM yang tepat untuk menghadapi tantangan di masa depan. Dalam tahun 2018, kami akan memperkuat strategi ini menuju customer centricity dengan membangun hubungan berdasarkan pemahaman pelanggan secara mendalam. Seiring langkah kami untuk tumbuh secara bertanggung jawab dan berkelanjutan, kami berusaha untuk terus mengajak para pemangku kepentingan untuk turut serta dalam perjalanan pertumbuhan bersama ini.

Mewakili rekan-rekan Direksi, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Dewan Komisaris atas semua dukungan dan nasihat mereka. Kami juga memberikan apresiasi tertinggi untuk para nasabah, regulator dan pemangku kepentingan lainnya atas dukungan dan kepercayaannya pada Bank Ganesha. Kami di Bank Ganesha berharap dapat melanjutkan, mempertahankan dan meningkatkan produk kami diiringi dengan layanan terbaik untuk terus memperkuat hubungan kami dengan Anda semua.

Salam hangat,
Surjawaty Tatang
Presiden Direktur