19 Februari 2018

Pesan dari Presiden Direktur

Kepada para pemangku kepentingan yang terhormat,

Seiring kami menutup tahun ke-25 dimana Bank Ganesha beroperasi dan tahun ketiga saya menjabat sebagai Presiden Direktur, ijinkan saya untuk meluangkan waktu sejenak untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada para pelanggan, regulator, mitra dan banyak pihak lainnya yang telah membuat tahun 2017 ini tahun yang luar biasa bagi kami. Saya bangga dengan prestasi Bank Ganesha di masa dimana Bank merayakan ulang tahun peraknya dan saya sangat menghargai semua dukungan Anda untuk kesuksesan kita bersama.

2017 benar-benar merupakan tahun untuk mendayagunakan sinergi, baik di dalam Grup dengan memperdalam hubungan kami dan dengan para mitra strategis kami. Sesuai dengan status kami sebagai bank BUKU II terkemuka, tahun ini kami meluncurkan berbagai produk dan layanan baru termasuk Tabungan Ganesha MAPCLUB (bermitra dengan Mitra Adi Perkasa), kartu kredit Co-branded Affinity (dengan CIMB Niaga) dan Bancassurance (dengan Equity Life Indonesia).

Sepanjang tahun ini, kami terus menjalankan disiplin eksekusi terhadap 2020 Strategy Pillars and Formulation dengan berusaha meningkatkan bisnis dan memperkuat kapabilitas organisasi dan TI dengan cara inovatif untuk mencapai cita-cita kami menjadi 'Everyday Bank di tahun 2020'. Salah satu aspek utama dari ini adalah fokus tanpa henti kami untuk memperbaiki citra Brand Bank Ganesha. Dalam dunia yang diwarnai dinamis dan volatilitas saat ini, kami percaya bahwa kredibilitas brand yang kuat menjadi semakin penting. Dengan banyaknya perusahaan yang bersaing untuk mendapatkan bisnis pelanggan, kemampuan untuk menggandeng pelanggan dan meningkatkan pengalaman perbankan mereka dengan pendekatan yang meningkatkan kepercayaan menjadi sangat penting dan dapat menjadi pembeda kunci kesuksesan Bank.

Berdasarkan keyakinan sepenuhnya ini, kami meluncurkan beragam inisiatif, termasuk revitalisasi branding pada semua produk dan layanan, kantor cabang dan materi pemasaran; optimalisasi jaringan, peluncuran kembali situs web perusahaan dan memulai pemasaran digital. Untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, kami terus berusaha meningkatkan budaya pelayanan terutama bagi para front liner dan meluncurkan Customer Care Center 24 jam yang baru di 1500-169 serta kapabilitas live chat di situs web kami. Kami juga sangat gembira menyampaikan bahwa Bank Ganesha akan segera meluncurkan platform Internet Banking dan Mobile Banking yang akan sangat membantu nasabah individual dan korporasi kami dalam melakukan transaksi keuangan, kapanpun dan dimana saja.

Saya percaya bahwa pencapaian kinerja kami merupakan bukti atas keberhasilan pelaksanaan strategi kami. Sejak kami memulai transformasi di tahun 2015, kami telah mencatat perbaikan berarti dalam berbagai bidang termasuk  profitabilitas, kredit, penghimpunan Dana Pihak Ketiga, kapitalisasi, branding, kapasitas organisasi dan kualitas pelayanan. Sebagaimana kinerja keuangan triwulanan terakhir kami di September 2017 menunjukkan, kinerja pertumbuhan lebih baik daripada rata-rata industri dalam beragam metrik utama selama dua tahun terakhir:

  • Laba Bersih setelah Pajak tumbuh sebesar 157% Compound Annual Growth Rate ("CAGR") menjadi Rp. 42 miliar didorong oleh pendapatan yang kuat, manajemen biaya yang disiplin dan peningkatan kualitas aset.
  • Total pendapatan operasional naik 39% CAGR menjadi Rp. 317 miliar didukung oleh pertumbuhan Pendapatan Bunga Bersih dan Pendapatan Berbasis Biaya yang solid.
  • Aset naik 51% CAGR menjadi Rp. 4,61 triliun didukung oleh pertumbuhan kredit yang kuat sebesar 43% CAGR ke Rp 2,62 triliun, yang dimungkinkan karena permodalan kami yang jauh lebih kuat setelah selesainya IPO.
  • Basis pendanaan beragam dan naik 39% CAGR menjadi Rp 3,37 triliun.
  • Dibantu oleh pemulihan kredit bermasalah yang baik, rasio Non Performing Loan bruto membaik menjadi 0,97% dan 0,54% pada akhir September 2017 dari 2,90% dan 2,20%, yang tercatat dua tahun sebelumnya.
  • Capital Adequacy Ratio mencapai 33,8% pada September 2017, yang jauh di atas persyaratan minimum regulator dan tetap mendukung pertumbuhan bisnis.

Pada 2018, kami akan terus mencari cara untuk lebih meningkatkan proposisi nilai Bank dan memperdalam keterlibatan kami dengan pelanggan. Kami percaya inilah langkah selanjutnya menuju evolusi kami menjadi Everday Bank pada tahun 2020. Oleh karena itu, tampaknya sesuai bagi kami untuk memilih 'towards customer centric' sebagai tema strategis tahun 2018, dimana kami akan memperdalam hubungan berdasarkan pemahaman mendalam atas para nasabah.

Mewakili rekan-rekan Direksi, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Dewan Komisaris atas semua dukungan dan nasihat mereka. Kami juga memberikan apresiasi tertinggi untuk para nasabah, regulator dan pemangku kepentingan lainnya atas dukungan dan kepercayaannya pada Bank Ganesha. Kami berharap dapat terus mempertahankan, dan memperbaiki, kualitas produk dan layanan baik yang Anda harapkan dari Bank Ganesha di tahun 2018, dan terus membangun hubungan kami dengan Anda di tahun yang baru dan seterusnya.

Sebagai penutup, ijinkan saya mengucapkan Selamat hari Natal 2017 dan berharap kesehatan, kesuksesan dan kesejahteraan selalu menyertai kita semua di tahun 2018.

Salam hangat,
Surjawaty Tatang
Presiden Direktur

Chat With Us
Selamat Datang